Pembinaan Kelompok Ilmiah Remaja (KIR)

Sejak dini kita perlu melatih generasi kita melakukan penelitian. Banyak temuan yang diperoleh dari masa remaja yang mencengangkan dunia. Temuan piranti recorder oleh Thomas Alva Edison pada usia 12 Tahun menjadi contoh yang akurat.

Selama ini telah dilakukan sejumlah pelatihan KIR di Sulsel di bawah bendera Forum Komunikasi Pembina Kelompok Ilmiah Remaja (FKP-KIR) Sulsel. Pemda Bulukumba, SMAN 1 Bulukumba, SMAN 3 Palopo, SMA YPS Soroako adalah pihak secara rutin dalam 3 tahun terakhir ini telah melaksanakan pelatihan KIR. Temuan para remaja dalam pelatihan itu sangat mencengangkan.

Beberapa temuan yang telah diukir dalam kegiatan itu adalah Biodiesel dari Bunga Tanjung, Dodol Sukun, perilaku semut merah, ekstrasi Patikala, Punahnya semangat gotong royong, Ketidak pedulian lingkungan,  perilaku anak pantai, berbagai pestisida nabati (umbi gadum, pisang hutan), jus berbagai jenis buah terabaikan (dengeng, buah jeruk gugur, patikala) teh herbal dari tanaman obat tradisonal, dampak pilkada, perilaku pemilih pemula, prototipe parut kelapa model parabola, dan prototipe alat pengering tenaga surya. Masih sederet lagi temuan remaja kita.

Kegiatan Pelatihan KIR biasanya dikemas dalam bentuk Perkemahan Ilmiah Remaja (PIR) Regional atau dalam bentuk Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah.

Kegiatan PIR yang dilakukan di Sulsel adalah PIR Nasional kedua di Maloni pada tahun 2004, PIR Regional Sawerigading I di Kab. Luwu Utara, PIR Regional I Bulukumba Tahun 2006, PIR Regional II Bulukumba 2007, dan PIR Regional Takalar 2007. Dalam bentuk pelatihan telah dilaksanakan di beberapa tempat antara lain SMAN 3 Palopo, SMAN 5 Makassar, SMAN 1 Bulukumba, SMAN 2 Sengkang, SMA YPS Soroako, SMAN 1 Belopa, SMAN 10 Makassar, SMAN 1 Takalar, dan Peserta Belajar Paket C yang dilaksanakan oleh BPPNFI Regional IV. Kegiatan ini dilaksanakan dengan mengacu kepada konsep yang dikeluarkan oleh LIPI Jakarta melalui kegiatan PIR, LKIR, dan program pembinaan lainnya.

FKP-KIR Sulsel diketuai oleh Drs. Muhammad Hasri, M. Hum., sekretaris Drs. Muh. Jasri DJangi, M. Si, dan ketua Dewan Pakar adalah Dr. H. A. Wahyuddin Latunreng, M. BA. dari LIPI Jakarta. Lembaga ini menyediakan narasumber untuk kebutuhan pelatihan KIR. Narasumber yang ada telah profesional di bidangnya dibuktikan dengan dilibatkannya sebagai instruktur dalam kegiatan PIR yang dilaksanakan atas kerja sama LIPI Jakarta baik tingkat nasional maupun regional.

Salah satu kabupaten yang patut diacungi jempol adalah Pemda Bulukumba. Kabupaten ini telah menganggarkan dana pembinaan KIR dalam APBD. Hasilnya, Zulfahri, dari SMAN 1 Bulukumpa telah mewakili Indonesia ke India dalam kegiatan Temu Peneliti Muda dan Zaulfahri meraih predikat Peneliti Ternama.

Kontak person FKP-KIR: M. Hasri HP 081543085454, email Hasrilpmp@yahoo.co.id dengan sekretariat di Jln Adhiyaksa Makassar, Kantor BPPNFI.

2 Tanggapan

  1. ass…
    pak hasri, forum komnikasi u/ kota Palopo siapa yg koordinir ya?

    regard.
    zulham a. hafid (alumni PIRN III KuKar, masih ingat?)

  2. As
    Ini p hasri x d smunel yah?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: